DAERAH KU DOMPU NTB

Kabupaten Dompu adalah salah satu Kabupaten yang berada di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),kabupaten Dompu terletak di pulau Sumbawa tepatnya di bagian tengah pulau Sumbawa yaitu  sebelah barat Kabupaten Sumbawa Besar dan Kabupaten Bima.Kabupaten yang bermoto “BUMI NGGAHI RAWI PAHU” Ibu Kotanya berada di Kecematan Dompu. Kabupaten Dompu menggunakan bahasa daerah yang sama dengan Kabupaten dan Kota Bima yaitu nggahi mbojo (bahasa Bima).
Kebudayaan Kabupaten Dompu  mirip dengan kebudayaan kabupaten dan Kota Bima,dimana Kabupaten Dompu memiliki tarian khas yang dinamakan tarian katente sarembe tembe (tari memakai sarung),dimana tarian ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia yaitu dengan kategori peserta terbanyak tari bota tembe (tari lempar sarung) ,dengan jumlah peserta sebanyak 26.114 peserta. Ini merupakan tarian yang di adakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Dompu yang ke 202 tahun. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemda dan masyarakat Dompu.
selain tarian Kabuten Dompu juga memilki makanan khas yang sangat terkenal yaitu mangge mada (gulai jantung pisang).Makanan ini sangat disukai masyarakat Dompu dan Bima karena memiliki bentuk dan rasanya yang unik, gurih dan aromanya yang khas memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Dompu dan Bima. Makanan ini biasanya disajikan ketika acara hajatan,menyambut  tamu dan ketika kumpul keluarga. 
Hasil gambar untuk FOTO MANGGE MADA
Kabupaten Dompu juga memiliki tempat wisata yang sangat terkenal yaitu pulau satonda.pulau ini terlekat diantara laut flores dan pulau moyo,dimana pulau ini mempunyai danau yang sangat unik yaitu memiliki air yang rasanya asin,pulau ini bisa kita kunjungi dengan menggunakan boat,melalui pelabuhan calabai dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam.

Hasil gambar untuk GAMBAR PULAU SATONDA DOMPU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG FASILITAS UMM

BIODATA KU

PERKEMBANGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DI INDONESIA BESERTA TUTORIAL DALAM PEMBUATA BLOG